Thursday, 1 February 2018

Makalah Strategi Lokasi & Tata Letak


Makalah
Strategi Lokasi dan Strategi Tata Letak




BAB I
PENDAHULUAN

Tata letak mencakup desain dari bagian-bagian, pusat kerja dan peralatan yang membentuk proses perubahan dari bahan mentah menjadi bahan jadi. Perencanaan tata letak merupakan satu tahap dalam perencanaan fasilitas yang bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem produksi yang efisien dan efektif sehingga dapat tercapainya suatu proses produksi dengan biaya yang paling ekonomis.

Menurut James M. Apple perencanaan tata letak didefinisikan sebagai perencanaan dan integrasi aliran komponen-komponen suatu produk untuk mendapatkan intelerasi yang paling efektif dan efisien antar operator, peralatan, dan proses transformasi material dari bagian penerimaan sampai ke bagian pengiriman produk jadi.
Littlefield dan Peterson (1956) lebih dulu menjelaskan tentang pengertian layout. Menurut mereka layout merupaan penyusunan perabotan dan perlengkapan kantor pada luas lantai yang tersedia.

Tata letak bertujuan untuk:
a.       Memaksimumkan pemanfaatan peralatan pabrik
b.      Meminimumkan kebutuhan tenaga kerja
c.       Mengusahakan agar aliran bahan dan produk lancar
d.      Meminimumkan hambatan pada kesehatan
e.       Meminimumkan usaha membawa bahan

Oleh karena itu dalam makalah ini kami akan membahas tentang strategi lokasi dan tata letak mengenai pentingnya lokasi yang strategis, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan lokasi, metode alternatif evaluasi lokasi, strategi lokasi pelayanan jasa, pentingnya desain tata letak, jenis tata letak, serta penggunaan manajemen mutu terpadu dalam penentuan kebijakan perusahaan.


Baca selengkapnya Disini 

No comments:

Post a Comment