Monday, 29 January 2018

Makalah Sistem Tarif Internasional


Makalah Sistem Tarif Internasional




BAB I

PENDAHULUAN


1.     Latar Belakang

Era globalisasi menuntut semua negara membuka diri pada hubungan internasional, termasuk juga dalam hubungan perdagangan. Hubungan perdagangan antar negara sudah berjalan sejak  lama, di mana terjadinya perdagangan antar  negara untuk memperluas mangsa pasar selain pasar domestik juga mengincar pasar luar negeri.

Pada makalah ini saya akan menjelaskan definisi dari sistem tarif, di mana tarif adalah suatu pembebanan terhadap barang yang melintasi daerah pabean. Daerah pabean adalah wilayah Republik Indonesia yang meliputi wilayah darat, perairan dan ruang udara di zona eksklusif dan  landas  kontinen dan kawasan pabean merupakan kawasan dengan batas-batas tertentu di pelabuhan laut, bandar udara dan tempat lain yang ditetapkan untuk lalu lintas barang yang sepenuhnya berada dibawah pengawasan Direktorat Jendral Bea dan Cukai. Sistem tarif  juga terbagi atas tarif  tunggal, tarif  umum/konvensional, dan tarif preferensi.
Selain itu ada beberapa penggolongan tarif diantaranya export duties, transit duties, dan  import  duties. Makalah ini juga akan menjelaskan beberapa penjelasan tentang  cara pengenaan tarif dan dampak tarif impor.

2.     Tujuan Pembuatan Makalah

Tujuan dari makalah ini yaitu:
a.       Untuk mengetahui sistem tarif dalam ekspor impor.
b.      Menambah pengetahuan tentang berbagai jenis sistem tarif.
c.        Agar pembaca tidak tabu lagi tentang sistem tarif
d.      Memotivasi kemampuan mahasiswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan sistem tarif dalam ekspor imopr di era globalisaasi sekarang ini

Baca selengkapanya DI SINI

No comments:

Post a Comment