Monday, 25 September 2017

Pancasila Sebagai Paradigma Kebebasan Beragama


Pancasila Sebagai Paradigma Kebebasan Beragama

 
Disusun oleh:
Asep Jamaludin
 MA10050

Tugas Mata Kuliah Pendidikan Pancasila

STIE TRIGUNA BOGOR 2017
Michelle Chen - You are the Apple of My Eye

A.    Latar Belakang

Pancasila merupakan sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi bangsa Indonesia. Artinya seluruh tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara menggunakan Pancasila sebagai dasar moral atau norma dan tolak ukur tentang baik buruk, benar salahnya sikap, perbuatan dan tingkah laku warga masyarakat bangsa Indonesia.
Selain sebagai sumber nilai, pancasila berperan pula sebagai kerangka acuan pembangunan. Ada dua fungsi dari pancasila sebagai kerangka acuan: pertama, Pancasila menjadi dasar visi yang memberi inspirasi untuk membangun suatu corak tatanan sosial-budaya yang akan datang, membangun visi masyarakat Indonesia di masa yang akan datang; kedua, Pancasila sebagai nilai-nilai dasar menjadi referensi kritik sosial-budaya.
Peranan dari Pancasila yang jauh lebih besar adalah pancasila sebagai paradigma bangsa, mulai dari pendidikan, ideologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, ketahanan nasional, hukum, ilmu dan teknologi, hingga kehidupan beragama.
Telah kita ketahui bersama bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang plural, baik dari segi etnis, bahasa, agama, suku, ras, adat, dan lain sebagainya. Namun, tak semua masyarakat menyadari akan perbedaan tersebut dan kemajemukan bangsa Indonesia, sehingga yang terjadi adalah timbulnya berbagai konflik di berbagai daerah yang disebabkan oleh SARA. Selain itu, penyebab utama timbulnya konflik yang berbau SARA, khususnya pada agama adalah minimnya pemahaman dan pengamalan akan sila pertama Pancasila oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Minimnya rasa toleransi pun menjadi salah satu unsur penyebab konflik agama. 
Untuk menghidupkan kembali dan membangun paradigma kehidupan masyarakat yang beragama dan kerukunan antar umat beragama maka dalam pelaksanaannya di dalam masyarakat nilai-nilai Pancasila harus ada dalam proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan maupun dalam evaluasinya. Untuk mengetahui lebih mendalam, maka makalah ini membahas mengenai pancasila sebagai paradigma kehidupan beragama.

Baca selengkapnya pada link di bawa ini

No comments:

Post a Comment