Monday, 7 August 2017

Pentingnya Leadership dalam Berbisnis MLM



Pentingnya Leadership dalam Berbisnis MLM

Kemampuan leadership (kepemimpinan) sangat diperlukan tidak hanya di dunia kerja saja, namun juga dalam dunia bisnis. Lebih-lebih bisnis yang melibatkan banyak orang, seperti bisnis MLM (Multi Level Marketing) yang saat ini mulai digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Dibutuhkan kemampuan leadership yang tinggi untuk membangun bisnis MLM yang baik. Tidak mungkin seorang pemimpin dalam sebuah bisnis tidak mempunyai kemampuan leadership sama sekali ‘kan?

Leadership pada bisnis MLM tidak melulu hanya seputar arahan dan instruksi seorang leader kepada downlinenya saja. Seorang leader mempunyai peran lain yang harus kamu pahami, bisa dari dalam internal organisasi itu sendiri atau dari luar organisasi tersebut. Nah, seperti apa sih peran seorang leader dan kemampuan leadership-nya dalam suatu organisasi? Simak ulasannya berikut ini:

1.      Interpersonal Roles
Interpersonal roles ini berkaitan dengan figur pemimpin, manajemen personal dan pengembangan relasi bisnis. Tiga hal yang disebutkan di atas adalah beberapa hal yang mencakup dalam kemampuan seorang pemimpin dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya, khususnya bisnis MLM. Interpersonal roles berkaitan dengan bagaimana mengelola SDM (Sumber Daya Manusia), baik itu mengelola para upline maupun Member-Membernya dalam mengembangkan jaringannya. Dan yang tidak kalah penting, seorang pemimpin harus bisa menjaga hubungan baik dengan para relasi bisnisnya supaya bisnis mereka dapat berkembang dengan lebih baik dan dapat meraih kesuksesan bersama.

2.      Infornational Roles
Seorang pemimpin yang baik selalu berusaha mencari dan menggali informasi yang dapat mendukung perkembangan bisnisnya. Informasi ini asalnya bisa darimana saja, bisa dari dalam perusahaan tersebut, bisa juga dari luar. Informasi-informasi yang penting ini dapat digunakan supaya roda bisnis MLM yang dia tekuni dapat berkembang pesat dan mampu bertahan dalam waktu yang lama. Dalam bisnis MLM, perputaran informasi sangatlah penting. Karena itu, leader yang baik pasti akan berusaha menyampaikan informasi dengan baik dan benar kepada semua Member-membernya supaya tidak terjadi miss-communication saat berbisnis.

3.      Decisional Roles
Seorang pemimpin berperan penuh dalam mengambil suatu keputusan (decisional roles). Hal ini sangat penting dalam bisnis, termasuk bisnis MLM yang kamu geluti. Pemimpin yang baik haruslah mampu mengambil keputusan secara efektif dan bijaksana, sebab keputusan-keputusan yang diambil dapat mempengaruhi arah bisnis dan semua orang yang terlibat di dalamnya.


Itulah beberapa peran penting sifat leadership pada suatu bisnis, khususnya dalam bisnis MLM. Apakah kamu ingin menjadi pemimpin yang baik? Kalau iya, yuk mulai belajar menjadi leader yang baik bagi jaringan bisnis MLM yang kamu ikuti!

No comments:

Post a Comment