Friday, 18 August 2017

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBUAT JANJI



MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBUAT JANJI

Janji merupakan ucapan yang menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat, seperti: hendak memberi, menolong, datang, dan bertemu (KBBI). Jika Anda ingin membuat sebuah pertemuan bersama calon prospek, Anda harus membuat janji dengan menggunakan teknik tertentu. Janji yang Anda buat juga bukan hanya sekedar janji, melainkan janji dengan yang memiliki tujuan yang jelas, berikut beberapa tujuan tersebut:

  a.      Bisa bertemu dengan orang yang ada dalam daftar nama (prospek) untuk menjelaskan proposal/konsep bisnis secara lengkap. Dianjurkan Anda tidak menjelaskan bisnis ini lewat telepon atau pesan singkat, jika calon prospek tersebut tinggal di satu kota yang sama dengan Anda, lebih baik bertemu muka langsung, karena pengaruh Anda akan jauh lebih kuat dan meyakinkan calon prospek saat bertatap muka dibandingkan lewat telepon.
   b.      Membuat janji dimaksudkan akan membuat Anda bekerja lebih efisien, karena bisa bertemu dengan beberapa orang sekaligus pada waktu dan tempat yang sama. Membuat janji juga akan membuat Anda bekerja lebih efektif karena secara psikologis, mental prospek akan lebih respect dan terbuka jika sejak awal sudah disampaikan bahwa Anda ingin bertemu untuk memberi peluang.


Jika Anda sudah mengetahui tujuan membuat janji itu sendiri, maka Anda harus menguasai teknik dalam membuat janji yang benar. Berikut teknik tersebut:

1.       Sikap memberi peluang
Kita memposisikan diri kita sebagai pemberi peluang, bukan sebagai orang yang meminta bantuan. Tunjukkan juga antusiasme Anda secara professional.

2.       Gunakan telepon (3-5 menit/orang)
Membuat janji akan jauh lebih mudah jika kita tidak bertatap muka, karena ekspresi wajah kita dan lawan bicara tidak mempengaruhi skenario saat membuat janji. Kita juga lebih mudah membatasi pembicaraan lewat telepon, karena pembicaraan yang terlalu panjang akan banyak menghabiskan waktu dan cenderung memadamkan rasa penasaran prospek.

3.       Alasan Bicara Singkat (ABS)
Ini merupakan teknik sederhana yang paling manjur untuk mengkondisikan kesan tergesa-gesa (tidak banyak waktu untuk bicara panjang lebar) sehingga prospek enggan bertanya hal-hal yang terlalu detail.

4.       Tanyakan waktu prospek
Usahakan sebelum membuat janji dengan seseorang, Anda sudah menetapkan dua alternative waktu yang Anda miliki, jangan lupa untuk mencocokkan dua waktu Anda sebagai alternatif jika waktu yang pertama gagal, masih ada waktu pertemuan selanjutnya. Selain itu, Anda jug harus mengkonfirmasikan terlebih dahulu kepada upline bahwa beliau bisa membantu pada wktu tersebut. Setelah Anda mendapatkan waktu dari prospek, lalu kemudian menentukan tempat bertemunya dimana.

5.       Undang menggunakan hot button
Kembangkan kreatifitas untuk melihat hot button, yaitu kepentingan, latar belakang, kondisi, hobi atau potensi dari prospek. Kemukakan hal tersebut sebagai alasan utama mengapa Anda membuat janji dengan yang bersangkutan.

6.       Jujur dan jawablah pertanyaan dengan pertanyaan
Jangan berbohong dan jangan sebutkan nama perusahaan, produk, jualan dan istilah sejenis MLM. Banyak pertanyaan prospek dapat diatasi jika kita menjawabnya dengan singkat disambung dengan pertanyaan dan diakhiri dengan ABS (Alasan Bicara Singkat).

7.       Undang dua kali lipat target dan pasangan prospek
Patikan mengundang dua kali lipat jumlah orang yang bilang ‘Ya’ dari jumlah yang Anda harapkan hadir. Jika prospek sudah memiliki pasangan, undanglah pasangannya agar Anda tidak harus dua kali menjelaskan bisnis ini kepada sepasang suami-istri.

8.       Konfirmasi dalam 24 jam terakhir
Usahakan dalam 24 jam sebelum acara, konfirmasikan kehadiran prospek agar kita bisa mengantisipasi pertemuan ‘No Show’, dimana kita sudah datang jauh-jauh ternyata semua prospek berhalangan hadir.

9.       Lakukan ‘Role Play’
‘Role Play’ artinya kita berlatih atau bermain peran dengan upline atau downline untuk meningkatkan kelancaran membuat janji.
 
Bagaimana? Jelas bukan? Sekarang saatnya Anda mempraktekkan teknik membuat janji diatas kepada para prospek Anda, selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment