Wednesday, 16 August 2017

MELAKUKAN PROSPECTING

MELAKUKAN PROSPECTING

Prospecting merupakan pencarian peluang dalam sebuah metode penjualan. Dalam dunia bisnis marketing, hal ini sangat penting untuk memperluas jaringan Anda. Prospecting merupakan langkah awal yang harus dilakukan jika Anda ingin membangun bisnis jaringan yang sanga luas, Anda harus pandai dalam melakukan teknik prospecting ini. Adapun beberapa tujuan dari kegiatan prospecting ini adalah:

1.       Agar Anda memiliki jumlah kenalah yang tidak terbatas. Jika Anda menguasai teknik prospecting ini, maka jumlah kenalan Anda akan semakin banyak, sehingga Anda memiliki daftar nama yang tidak pernah habis. Potensi jumlah orang yang tidak Anda kenal pasti jauh lebih besar daripada orang yang tidak Anda kenal.
2.       Agar Anda dapat menambahkan 10-20 nama dalam daftar setiap bulannya. Salah satu hal penting saat melakukan prospecting adalah melakukan survei apakah orang tersebut cocok untuk Anda jadikan mitra usaha Anda dalam bisnis jaringan ini atau tidak.
3.       Agar Anda bisa lebih mudah dalam melakukan ekspansi bisnis jaringan baik dalam skala nasional maupun internasional. Keahlian prospecting ini akan menjadi modal usaha tersendiri bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis network marketing atau bisnis jaringan ini.


Jika Anda sudah mengetahui apa saja tujuan dari kegiatan prospecting itu sendiri. Maka, Anda juga harus tahu bagaimana teknik jitu dalam melakukan kegiatan prospecting ini. Salah stau teknik yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis network marketing adalah melakukan pendekatan yang umumnya adalah Family (keluarga), Occupation (penduduk sekitar), Recreation (liburan), dan Message (pesan), atau yang sering disingkat dengan FORM. Anda harus mencari ‘Ice Breaker’ yang tepat bagi prospek dengan menanyakan hal seputar keluarga, pekerjaan, hobby dan yang terpenting dapat memberikan pesan atau kesan positif tentang bisnis network marketing ini. ‘Ice breaker’ artinya adalah pembicaraan yang dapat memecah kebekuan yang mana dalam aktifitas prospecting bermanfaat untuk bisa berbicara dengan orang yang tadinya tidak kita kenal sama sekali. Kemudian yang terakhir, tutuplah perbincangan dengan bertukar kartu nama atau nomor handphone.

Nah, sudah jelas bukan? Ayo lakukan prospecting sekarang juga dan perluas jaringan Anda!

No comments:

Post a Comment