Thursday, 22 January 2015

Teka-Teki 'Telur Columbus'



TEKA-TEKI “TELUR COLUMBUS”

Konon pada suatu ketika dalam sebuah pertemuan, Christopher Columbus, seorang penjelajah asal Inggris yang termashur karena dianggap pertama kali menemukan Benua Amerika, melontarkan sebuah teka-teki kepada para tamu yang hadir disuatu pertemuan.


Dia mengeluarkan sebutir telur dari sakunya lalu berkata, “Barangsiapa diantara kalian yang sanggup membuat telur ini berdiri diatas meja, maka akan saya beri hadiah.”

Semua tamu terdiam. Berfikir keras. Namun, tidak ada seorang pun yang mampu mencoba menjawab teka-teki tersebut. Akhirnya, Columbus menjawab sendiri teka-teki tadi. Dipecahkannya salah satu ujung telur itu sedikit, lalu diberdirikannya di telur di atas meja.

“Ooh, kalau begitu caranya kami juga bisa!”, ujar para tamu serentak.

“Anda lihat? Demikianlah sikap kebanyakan orang  pada setiap prakarsa inovatif, sebelum kita melakukannya, tidak seorang pun mau mencobanya. Tetapi begitu kita berhasil, dengan mudah semua orang akan berkata bahwa mereka juga bisa…”

Seringnya kisah di atas dibahas atau diceritakan dalam banyak literatur yang membahas tetang kreativitas, membuat kisah tersebut melegenda dan dikenal sebagai Teka-Teki “Telur Columbus”. Kisah ini menyadarkan kita untuk selalu berfikir secara realistis dan mengajak kita agar tidak takut untuk mencoba segala sesuatu yang baru, namun tentunya tetap masuk akal…!!!

“Punya pikiran yang baik saja belum cukup, yang penting adalah mampu memakainya dengan baik”

-Rene Descrates-


Sumber: Terampil Berfikir, Mengapa Tidak? – Bambang Utomo (dengan beberapa perubahan dan tambahan)

No comments:

Post a Comment