Saturday, 21 June 2014

Pasar Tradisional Bogor



“Pasar Tradisional Bogor Bebas Babi”

Bogor – Penelitian Balai Pengujian Mutu dan Produk Peternakan (BPMPP) Bogor  mengenai daging sapi yang dioplos dengan daging babi menunjukkan hasil negatif, dengan kata lain daging sapi yang tersebar di pasar tradisional Bogor tidak mengandung daging babi.

Pasar tradisional di gedung Plaza Bogor tampak cukup ramai saat disambangi pada hari Jum’at (15/2). Isu oplosan daging babi ternyata tidak memberikan banyak pengaruh terhadap porsentase penjualan daging sapi, “Yang ramai campuran daging sapi ‘kan, daging yang sudah diolah jadi makanan” ujar Iman salah satu penjual daging sapi potong.

BPMPP Bogor telah melakukan penelitiannya di pasar-pasar tradisional Bogor, baik kota maupun kabupaten. Seperti dimuat disitus resmi Pemerintah Kota Bogor, bahwa terdapat 11 titik penelitian yang diambil sampel dagingnya untuk diteliti apakah mengandung daging babi atau tidak. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2012 lalu dan hasil penelitiannya baru diumumkan pada akhir Januari 2013 kemarin bahwa daging sapi potong di pasar tradisional Bogor bebas dari campuran daging babi.

Para konsumen pun tidak terlalu mengambil pusing tentang isu daging oplosan tersebut. Nada serupa seperti diucapkan sang penjual daging diatas bahwa para konsumen meyakini daging sapi yang diolah menjadi makananlah yang dicampuri daging babi.

No comments:

Post a Comment