Saturday, 14 June 2014

Khas UQ



Pendidikan Berbasis Al Qur’an & Sunnah Kurikulum Khas UQ

Bogor – Yayasan Pendidikan Ummul Quro Bogor memiliki sesuatu yang berbeda dalam kurikulum pembelajarannya. Yakni kurikulum Khas Ummul Quro. Kurikulum ini adalah penerapan pendidikan islami dalam setiap aspek pembelajaran. Dalam kurikulum ini siswa diajarkan segala sesuatu berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah. Sehingga siswa diharapkan dapat mengimplikasikan Al Qur’an dan Sunnah dalam kehidupan sehari-harinya.

Yayasan Pendidikan Ummul Quro sangat menjunjung tinggi Al Qur’an dan Sunnah. Banyak materi Islami dan leadership yang disisipkan dalam jadwal kegiatan pembelajarannya “Kami berusaha memupuk jiwa leadership-nya mereka, seperti yang menjadi misi kita, sekolah pemimpin masa depan” terang Ibu Marsya Yeni Sholihati, misalnya siswa yang dituntut untuk mengisi kultum, belajar membaca Al Qur’an satu jam per-hari, selain itu kelas putra dan putri dipisah agar lebih terjaga. Siswa belajar dengan sistem full day school, dimana mereka belajar dengan jadwal kegiatan sehari penuh. Sehingga nilai-nilai Islam benar-benar tertanam dalam diri setiap siswa.

Banyak program kegiatan yang menjadi unggulan, seperti: Tarbiyah, Bugar bersama TNI, Learning Skill Training, Training Motivasi, Mabit (menginap bersama) dimana para siswa mendapat materi 24 jam dengan kegiatan qiyamullail (sholat malam) dimalam harinya. Ada juga kegiatan student creativity dimana para siswa belajar menciptakan kerajinan tangan (kriya). Selain itu ada juga program unggulan pembuatan Karya Ilmiah. Semua ini diharapkan bisa menciptakan generasi Islam yang dapat memimpin masa depan.

Foto-foto untuk UQ:







 

No comments:

Post a Comment